Saturday 10 September 2016

RCTI dan iNewsTV Dikabarkan Incar Hak Siar Piala Dunia 2018

IF48 - Komitmen MNC Group khususnya RCTI dan iNewsTV dalam menyiarkan event olahraga tidak dapat diragukan lagi. Di tahun ini, kedua stasiun televisi terestrial di bawah payung MNC Group ini akan menyiarkan secara langsung pertandingan AFF U-19 Championship dan AFF Suzuki Cup. Bahkan kedua televisi tersebut rencananya akan menyiarkan semua pertandingan Timnas Indonesia secara serentak di kedua event tersebut.

Meski hak siar UEFA Champions League, UEFA Europa League, dan La Liga kini kembali berpindah ke tangan rival RCTI yakni SCTV, nampaknya tidak membuat stasiun TV swasta tertua di Indonesia ini tinggal diam, mengingat masyarakat Indonesia memang sangat menyukai sepakbola. Menurut rumor yang beredar, RCTI bersama iNewsTV dan juga Indovision (melalui Soccer Channel) sedang bernegosiasi dengan ISM untuk mengambil hak siar Piala Dunia 2018 di Indonesia.

Belum ada keterangan apapun dari pihak MNC Group terkait hal ini, tetapi ada peluang hak siar event sepakbola terakbar di dunia ini bisa jatuh ke tangan mereka. Terlebih saat ini MNC Group kerap menduetkan stasiun TV hiburan dan berita mereka untuk menyiarkan berbagai event olahraga, seperti halnya F1 yang disiarkan Global TV dan iNewsTV, dan juga beberapa laga futsal melalui MNCTV dan iNewsTV.

Jika MNC Group nantinya memenangkan hak siar event ini, maka kolaborasi TV hiburan dan TV berita di ranah free-to-air akan kembali terulang. Sebagai gambaran, hak siar Piala Dunia 2014 dipegang VIVA Group dan ditayangkan oleh ANTV dan tvOne, dimana ANTV merupakan TV hiburan sedangkan tvOne diposisikan sebagai TV berita, namun keduanya saling melengkapi satu sama lain.

No comments:

Post a Comment