Saturday, 11 July 2015

Komnas HAM Sebut Tindakan Menpora Disinyalir Melanggar HAM

Permalink gambar yang terpasang 
IF48 - Komisi Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) angkat bicara terkait kisruh yang melanda sepakbola Indonesia saat ini. Anggota Komnas HAM, Siane Indriani, mengkritik kebijakan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, yang membekukan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Siane berpendapat bahwa Surat Keputusan (SK) pembekuan yang dikeluarkan oleh Menpora memiliki dampak yang sangat luar biasa di kalangan masyarakat. Tidak sedikit dari mereka yang menggantungkan hidup dari sepakbola harus dikorbankan.

Selain itu, kata Siane, dengan adanya SK pembekuan, maka Menpora telah membuat masyarakat yang selama ini bersentuhan dengan sepakbola telah kehilangan hak ekonomi, sosial, dan budaya.

"Kami menyesalkan jika penyelesaian sepakbola ini terlalu berlarut-larut. Sudah beberapa bulan kegiatan sepakbola di Tanah Air tidak ada sama sekali. Itu berarti ada banyak sekali masyarakat yang dirugikan," ungkap Siane saat ditemui sejumlah wartawan di kantor Komnas HAM, Jumat 10 Juli 2015.

Wanita yang pernah menjadi Pemimpin Redaksi di salah satu televisi swasta nasional itu berharap Menpora mau kembali mempertimbangkan keputusan pembekuan PSSI sehingga permasalahan tidak semakin berlarut-larut.

"Multi-effect ini seharusnya dipikirkan oleh pemerintah, dalam hal ini kami meminta pemerintah untuk lebih arif lagi. Ada banyak hak-hal masyarakat yang dikorbankan oleh kebijakan yang tidak proposional ini," harap Siane.    

No comments:

Post a comment