IF48 - Untuk pertama kalinya dalam 92 tahun perjalanan perusahaan Ezaki
Glico, perusahaan ini mulai serius untuk menggaet pasar internasional
dengan target pendapatan 1 Miliar dollar Amerika dari produk Pocky untuk
menyaingi produk snack yang sudah populer sebelumnya seperti Oreo ataupun Hersey’s.
Snack Pocky yang sudah berumur 48 tahun ini merupakan snack yang
sangat digemari dan laku di Jepang, namun ceritanya berbeda apabila
bicara mengenai penjualan Pocky di pasar Internasional. Pendapatan di
luar Jepang produk ini hanya sepersepuluh dari total pendapatan mereka
sebanyak 3 Miliar dollar Amerika, yang berarti hanya 300 juta dollar
Amerika.
Tugas untuk menaikkan penjualan ini diemban oleh Tsuyoshi Matsuki,
yang menjadi Global Brand Manager untuk Pocky, dengan kantor operasional
mereka berada di Thailand yang dibuka pada 2012 lalu. Di Malaysia, nama
brand “Rocky” yang sudah bertahan bertahun-tahun pun akhirnya diganti,
sedangkan di Indonesia, iklan digenjot untuk menaikkan penjualan di
sini.
Salah satu strategi yang dilakukan di Indonesia adalah dengan menggaet
idol group JKT48, yang merupakan sister group dari idol populer di
Jepang, AKB48. Dengan menggaet JKT48, Pocky meningkatkan penjualannya
di Indonesia sebanyak 5 kali lipat pada 2013 dan secara keseluruhan market income Internasional mereka bertambah 100 juta dollar Amerika
menjadi 400 juta dollar Amerika dari sebelumnya hanya 300 juta dollar
Amerika.
Ini semakin membuktikan bahwa JKT48 telah menjadi senjata yang ampuh untuk pemasaran suatu produk.
No comments:
Post a Comment