Friday 26 December 2014

Penjualan Pocky di Indonesia Meningkat Lima Kali Lipat Berkat JKT48

IF48 - Untuk pertama kalinya dalam 92 tahun perjalanan perusahaan Ezaki Glico, perusahaan ini mulai serius untuk menggaet pasar internasional dengan target pendapatan 1 Miliar dollar Amerika dari produk Pocky untuk menyaingi produk snack yang sudah populer sebelumnya seperti Oreo ataupun Hersey’s.

Snack Pocky yang sudah berumur 48 tahun ini merupakan snack yang sangat digemari dan laku di Jepang, namun ceritanya berbeda apabila bicara mengenai penjualan Pocky di pasar Internasional. Pendapatan di luar Jepang produk ini hanya sepersepuluh dari total pendapatan mereka sebanyak 3 Miliar dollar Amerika, yang berarti hanya 300 juta dollar Amerika.

Tugas untuk menaikkan penjualan ini diemban oleh Tsuyoshi Matsuki, yang menjadi Global Brand Manager untuk Pocky, dengan kantor operasional mereka berada di Thailand yang dibuka pada 2012 lalu. Di Malaysia, nama brand “Rocky” yang sudah bertahan bertahun-tahun pun akhirnya diganti, sedangkan di Indonesia, iklan digenjot untuk menaikkan penjualan di sini.

Salah satu strategi yang dilakukan di Indonesia adalah dengan menggaet idol group JKT48, yang merupakan sister group dari idol populer di Jepang, AKB48. Dengan menggaet JKT48, Pocky meningkatkan penjualannya di Indonesia sebanyak 5 kali lipat pada 2013 dan secara keseluruhan market income Internasional mereka bertambah 100 juta dollar Amerika menjadi 400 juta dollar Amerika dari sebelumnya hanya 300 juta dollar Amerika.

Ini semakin membuktikan bahwa JKT48 telah menjadi senjata yang ampuh untuk pemasaran suatu produk.

No comments:

Post a Comment