Monday 24 April 2017

Siaran Liga 1 & Liga 2 di tvOne Diacak, Ini Solusinya Agar Tetap Bisa Nonton

Pengumuman mengenai hak siar Liga 1 dan Liga 2 (Source: tvOne)
IF48 - Seperti yang sudah terjadi pada gelaran ISL 2014 dan 2015 serta TSC 2016, pengacakan siaran langsung kembali terjadi pada kompetisi Liga 1 dan Liga 2 yang hak siarnya kini kembali dipegang oleh VIVA Group, melalui tvOne.

Sebagaimana yang tercantum pada pengumuman yang dirilis oleh akun social media resmi tvOne, pihaknya menyebutkan bahwa tvOne hanya diberi kewenangan untuk menayangkan siaran langsung Liga 1 dan Liga 2 secara gratis melalui platform terestrial (UHF). Artinya, tvOne tidak diperbolehkan untuk menyiarkan Liga 1 dan Liga 2 melalui parabola, sehingga tvOne diharuskan untuk melakukan pengacakan di setiap siaran langsungnya. Jika tvOne tetap "ngotot" untuk menayangkan tanpa pengacakan melalui parabola, maka tvOne dapat dianggap telah melakukan wanprestasi (melakukan pelanggaran kontrak), dan PT. LIB bisa saja mencabut hak siarnya jika mengetahui hal tersebut.

Hal tersebut tentu saja mengundang protes dari para pemirsa yang mengalami masalah ataupun tidak terjangkau dengan sinyal UHF tvOne. Namun harus dipahami pula dengan bijak bahwa ini akan berlaku terus bagi TV free to air (TV nasional/lokal) manapun (termasuk juga TVRI) jika memiliki hak untuk menayangkan Liga 1 dan Liga 2 di musim-musim selanjutnya. Hanya saja di balik hal tersebut ada beberapa solusi untuk tetap bisa menyaksikan Liga 1 dan Liga 2, di antaranya:

1. Menggunakan Antena UHF

Ini adalah solusi paling mudah dan ideal bagi daerah kalian yang sudah terjangkau dengan stasiun transmisi tvOne. Tidak perlu membayar iuran bulanan untuk menikmati tayangan Liga 1 dan Liga 2, hanya cukup sekali bayar saat membeli antena di toko elektronik terdekat, dengan harga dan kualitas yang bervariasi (saran kami, belilah antena UHF yang sudah bisa digunakan untuk menangkap sinyal digital terestrial atau DVB-T2, meskipun kalian hanya menggunakan untuk menerima siaran analog, dan gunakan kabel coaxial yang berkualitas tinggi).

2. Menggunakan Receiver Satelit Yang Support BISS KEY

Ini solusi paling manjur khususnya buat yang tinggal di blank spot area. Meski tvOne melakukan pengacakan, namun sebenarnya masih bisa kita siasati dengan menggunakan BISS KEY, dikarenakan tvOne menggunakan jenis acakan BISS (seperti yang digunakan oleh mayoritas stasiun TV di tanah air). Sekedar info, BISS KEY merupakan kode 16 digit yang berupa gabungan angka (0 sampai 9) dan huruf (A sampai F), dan kode tersebut dapat di-rolling secara berkala oleh pihak stasiun televisi secara manual sehingga sangat mudah untuk kita buka. Ini berbeda dengan kondisi saat TSC 2016 dipegang SCTV dan Indosiar, di mana saat itu keduanya menggunakan jenis acakan "maut" Xcrypt, yang sulit untuk dibuka kecuali oleh operator stasiun transmisi televisi tersebut.

Untuk membukanya, kalian harus memiliki antena parabola beserta receiver yang support BISS KEY, dan di era sekarang ini receiver jenis tersebut sangat mudah didapatkan di pasaran dengan harga terjangkau oleh masyarakat kelas menengah ke bawah (kami sarankan untuk menggunakan receiver yang sudah bisa menerima siaran HD untuk kualitas gambar yang lebih sempurna, meskipun siaran tvOne masih berformat SD). Dan pastikan kalian juga harus manfaatkan social media untuk terus update kode BISS KEY tvOne melalui forum-forum seputar persatelitan, karena key dapat berubah sewaktu-waktu (umumnya rolling tiap seminggu sekali, meski belakangan ini juga rolling dalam waktu 1-2 hari sekali).

3. Streaming Melalui Situs / Aplikasi Resmi VIVA

Bagi pengguna gadget berbasis Android / iOS, streaming bisa jadi alternatif solusi khususnya untuk pengguna layanan TV berbayar (selain Orange TV), terlebih bagi pengguna TV berbayar yang menggunakan sistem triple play (integrasi dari layanan internet, TV kabel, dan telepon rumah). Anda bisa menggunakan layanan streaming secara gratis dan legal dari VIVA.co.id. Layanan ini juga bisa kalian akses melalui layar laptop/PC kalian. Asalkan kalian memiliki koneksi internet yang stabil dan mumpuni untuk layanan video, kalian bisa menikmatinya dengan lancar.

4. Berlangganan Orange TV

Buat kalian yang punya duit lebih, Orange TV mungkin bisa jadi solusi untuk tetap bisa menyaksikan Liga 1 dan Liga 2, karena mereka juga memiliki hak siar untuk kategori TV berbayar. Hanya saja kalian tidak bisa menyaksikannya melalui tvOne, melainkan melalui channel in-house mereka yakni Festival. Untuk bisa menyaksikan Liga 1 dan Liga 2 melalui channel Festival, kalian harus mengaktifkan paket Sporty senilai Rp 168.000,- per bulan (untuk prabayar) atau bisa berlangganan Orange Premier (untuk pascabayar).

Kalian juga bisa menikmati layanan siaran channel Festival dari Orange TV melalui jaringan TV Kabel di daerah-daerah yang bermitra dengan Orange TV (tentunya dengan tarif yang lebih murah), namun tidak semua TV Kabel me-relay tayangan dari Orange TV secara legal.

No comments:

Post a Comment